Peran sekretaris di era globalisasi semakin penting dan strategis. Sekretaris saat ini, tidak hanya berkecimpung dalam pekerjaan teknis keadministratifan atau mendampingi dan melayani kebutuhan pimpinan. Lebih jauh dari itu, sekretaris sudah bertranformasi menjadi sosok yang multifungsi dan mempresentasikan organisasi maupun pimpinan organisasi. Sekretaris saat ini bukan lagi sebagai sossok pendiam dan hanya menerima perintah, sekretaris berubah menjadi sosok yang professional dalam bekerja, berkompeten dalam keadministrasian kantor, cerdas dalam bekerja dan menjalin hubungan dengan orang lain, trampil dalam memberikan solusi, dan berorientasi untuk melayani seluruh pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisasi. Untuk itu, sekretaris perlu dikembangkan dalam suatu program pengembangan sekretaris yang berkesinambungan. Secara etimologi istilah kata sekretaris berasal dari bahasa latin yaitu “secretum” yang artinya Rahasia dan Orang yang memegang rahasia disebut secretarium atau secretarius. MenurutGie (2002 : 25 ) Sekretaris dapat diartikan sebagai seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat menyurat termasuk penyimpanan dokumen bagi seorang pejabat pimpinan organisasi.. Seorang sekretaris harus dapat menyimpan rahasia perusahaannya dan dalam pemahaman yang sederhana bahwa sekretaris adalah sebuah profesi yang bersifat asisten atau mendukung.
0 Comments:
Posting Komentar